5 Cara Cek NIK Online Terbaru Tanpa Repot ke Dukcapil

Posted on 04 Agu 2022


5 Cara Cek NIK Online Terbaru Tanpa Repot ke Dukcapil

CNN Indonesia -- Memastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) terdaftar di Dukcapil Nasional sangatlah penting. Tujuannya, supaya Anda tahu bahwa nomor identitas yang tercantum pada KTP telah valid.
Sekarang ini cara cek NIK online terbaru sudah lebih mudah sehingga tidak perlu repot datang ke Kantor Dukcapil, terutama jika sebatas ingin melakukan pengecekan.

Fungsi NIK di Kartu Tanda Penduduk (KTP) memang banyak dibutuhkan untuk berbagai keperluan penting khususnya terkait mendapat pelayanan publik. Mulai dari melamar pekerjaan, daftar BPJS Kesehatan, hingga akses ke perbankan.

Cara Cek NIK Online Terbaru
Ilustrasi. Cara cek NIK KTP online terbaru tanpa perlu ke Dukcapil (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Untuk memastikan NIK terdaftar resmi di data Dukcapil Nasional, Anda bisa coba cara online berikut seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. WhatsApp
Cara cek NIK online terbaru selanjutnya yaitu bisa akses lewat WhatsApp Kemendagri di nomor 0813 2691 2479.

Kemudian tulis dengan format seperti berikut; nama lengkap sesuai KTP/ NIK/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Kota, lalu kirim ke nomor di atas.

Supaya tidak bingung ini contohnya (Adi Suryadi/3271234567891000/Pancoran Mas, Depok, Kota Depok). Pastikan data yang akan dikirim sudah benar.

2. Email
Alternatif lain untuk mengecek NIK KTP secara online bisa langsung mengirim pesan ke alamat email [email protected].

Nantinya Anda cukup menuliskan dengan format seperti di bawah ini, #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan.

Akan tetapi, proses cek NIK online lewat email membutuhkan waktu sekitar 1x24 jam untuk menunggu tanggapan atau balasan dari pihak Dukcapil.

3. Layanan call center
Layanan call center Dukcapil pusat juga bisa dimanfaatkan untuk mengecek NIK sudah terdaftar atau belum, sehingga Anda tidak perlu datang ke kantornya.

Menelepon call center adalah cara termudah dan tercepat untuk mendapatkan respons atau balasan dari petugas Dukcapil. 

Tinggal hubungi Halo Dukcapil di nomor 1500537 sembari menyiapkan nomor NIK KTP serta NIK Kartu Keluarga (KK) untuk proses validasi.

Pihak call center nanti akan menanyakan kepada Anda terkait nomor KTP dan KK untuk menyesuaikan data. Jika sesuai data tersebut dipastikan resmi tercatat di Dukcapil Nasional.

4. Media sosial Dukcapil
Selain melalui layanan call center, cara cek NIK online terbaru dapat menghubungi langsung ke akun media sosial Dukcapil seperti Twitter, Facebook, atau Instagram resminya.

Berikut nama akunnya 'Halo Dukcapil' di Facebook, @ccdukcapil di Twitter, @Kemendagri di Instagram.

Masyarakat bisa mengirim pesan secara personal ke direct message, dengan format ini, #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_KK#Nomor_Telepin#Keluhan.


5. SMS
Cara cek NIK online terbaru berikutnya dapat memanfaatkan fitur SMS atau pesan singkat ke nomor 0815 3636 9999.

Untuk format pesannya juga terbilang lebih ringkas yaitu hanya ketik Cek#KTP#Nomor Induk Kependudukan(NIK). Setelah formatnya benar dan NIK juga sesuai, kirim ke nomor tersebut untuk mendapat jawaban dari Dukcapil.